Langsung ke konten utama

Fungsi Kiprok Motor dan Cara Memperbaikinya





Banyak pemilik kendaraan roda dua, lebih memperhatikan komponen kelistrikan aki dibanding kiprok. padahal salah satu unsur yang bisa membuat aki cepat rusak maupun awet adalah kiprok. Selain itu aki mempunyai komponen kelistrikan yang harus diperhatikan  adalah kiprok. karna, kiprok bisa membuat aki lebih cepat rusak maupun awet. Kiprok juga menjadi salah satu part yang sering dicek kondisinya bila terjadi masalah pada pengapian dan kelistrikan motor.

Nah, ngomong-ngomong apakah Riders sudah pada tahu belum fungsi kiprok motor  dan cara memperbaikinya?


Fungsi Kiprok Motor

Sebenarnya fungsi kiprok motor adalah sebagai Rectifer Regulator. Jadi bisa dikatakan memiliki 3 fungsi berbeda yang akan kami jelaskan di bawah ini.
1.     Fungsi pertama adalah sebagai rectifer atau penyearah. Cara kerjanya adalah dengan cara merubah arus litrik AC (Alternating Current) menjadi DC (Direct Current). Tujuannya adalah agar bisa mengalirkan listrik ke dalam aki dan menyimpannya sebagai sumber energi saat menghidupkan starter maupun kebutuhan lainnya.
2.     Fungsi kedua adalah sebagai regulator atau bisa dikatakan untuk membatasi tegangan pengisian dari spul. Itu artinya saat aki listrik aki sudah penuh, maka kiprok akan menghentikan pasokan listrik yang masuk ke aki dan mengalihkannya ketempat lain untuk menghindari overcharge. Namun apabila arusnya terlalu kecil, maka bisa membuat aki tekor. Oleh karena itulah tegangannya harus seimbang agar aki bisa bekerja secara sempurna.
3.     Fungsi ketiga adalah sebagai penstabil arus ke lampu yang disesuaikan dengan kebutuhan arus lampu. Apabila terlalu berlebihan maka bola lampu bisa putus, sehingga membutuhkan kiprok untuk menstabilkan arus listriknya.



Cara Memperbaiki Kiprok Motor
Memperbaiki kiprok motor sangatlah susah, pasalnya kiprok motor menggunakan circuit electronika yang terdiri dari Dioda, Transitor, Resitor, IC, dll. Hanya orang tertentu saja yang bisa memperbaikinya, terutama bagi yang paham dunia eletronik, saran kami lebih baik membeli kiprok baru karena harganya yang tak terlalu mahal. Jadi mau tak mau harus membeli kiprok baru yang harus disesuaikan dengan jenis motor serta spesifikasi mesin. Bagi yang paham dunia elektronik mungkin akan berusaha memperbaikinya. Namun kami lebih memilih membeli kiprok baru yang bisa langsung digunakan tanpa perlu repot-repot melakukan perbaikan.Harga kiprok motor disesuaikan dengan jenis motor. Jadi jangan bingung apabila harga kiprok untuk motor ber-cc besar lebih mahal dibandingkan motor matic yang memakai mesin 125cc kebawah, seperti Honda Beat, Vario 110, Varion 125, Scoopy, hingga Yamaha FreeGo yang belum lama ini diperkenalkan secara resmi.

Jadi, kalau tidak paham mengenai kiprok motor nya masih berfungsi atau tidak, sebaiknya Riders mengunjungi bengkel terdekat atau bengkel langganan untuk berkonsultasi terlebih dahulu, sebelum mengganti kiproknya 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ukuran Shock Belakang Motor Matic

Halo Biker.. Menanggapi banyaknya pertanyaan mengenai persamaan shock Belakang motor Matic, Kami akan memberikan sedikit info pada artikel ini.

Shock Belakang Matic terdapat 2 ukuran, yaitu 300mm/305mm dan 325mm/330mm.

Berikut daftar motor matic yang menggunakan shock belakang ukuran 300mm/305mm:
1. Mio Sporty / Mio Soul
2. Mio J / Soul Gt / Mio Gt
3. Xeon / Xeon Gt 125
4. Beat Karbu / Vario karbu / Scoopy karbu
5. Spacy Karbu / Vario 110 injeksi

Untuk motor matic yang menggunakan Shock Belakang ukuran 325mm/330mm yaitu :
1. Vario 125 / vario 150
2. Beat Injeksi / Scoopy Injeksi
3. X Ride

Motor matic yang mempunyai Shock belakang standar 300mm juga dapat menggunakan shock belakang ukuran 330mm, hanya akan menjadi lebih tinggi, demikian juga sebaliknya.

Sekian dari artikel pendek ini semoga bermanfaat.


Salam Riders,
Tim SRM
www.sumberrejekimotor.com
P : 0561 740443, 081314240777, 081231002111

Perbedaan Ban Soft Compound dan Hard Compound

Halo bikers kali ini kami akan memberikan artikel tentang ban luar aspal. Oke langsung saja tanpa basa basi 😁..

Secara umum ban luar aspal terbagi dalam 2 tipe yaitu :1. Soft Compound.2. Hard Compound. 

Soft Compound artinya bahan ban lebih lembut dan lebih gigit di aspal sehingga lebih aman untuk tikungan. Ban soft sebenarnya dirancang untuk pemakaian balap, tetapi banyak juga yg memakainya untuk harian. Kelemahannya jika dipakai untuk harian lebih cepat aus bunganya dan harga nya lebih mahal dibanding ban hard compound. Contoh ban soft Compound adalah  FDR MP dan IRC FASTI.

kebalikannya jika ban Hard Compound lebih licin di aspal karena memang dirancang utk pemakaian harian dengan daya tahan yg lebih lama dan harga yg lebih murah.

Untuk bikers yg ingin bertanya lbh lanjut soal harga dan ukuran ban dapat menghubungi :
HP1 : 081314240777HP2 : 081231002111BBM1 : D20D5B9CBBM2 : 5D74B88DTelp. : (0561) 740443Line : @sumberrejekimotorInstagram : @sumberrejekimotorWebsite : www.sumberrejekimoto…

Shock Belakang YSS RC 340mm Red/Silver

Shock YSS Tabung Atas 340mm RC Series Merah/Siver, untuk motor bebek yang menggunakan Double Suspension, dalam dunia otomotif diperlukan bukan hanya suspensi yang dapat meredam benturan, tetapi juga diperlukan shock yang dapat menjaga keamanan ban agar tetap menapak pada jalan. Oleh karena itu diperlukan suspensi yang memiliki ketahanan dan ketangguhan pada penggunaannya.
YSS menghadirkan varian suspensi dengan tabung terpisah khusus untuk motor bebek dengan tipe Double Shock RC-Series. Suspensi ini telah menggunakan teknologi terbaru dalam pembuatannya yang memerlukan kepresisian tinggi, tabung gas yang berisi nitrogen (menggunakan sistem Bladder/Balon karet yang berfungsi untuk memaksimalkan kinerja tekanan balik gas nitrogen) hasilnya, suspensi ini bukan hanya memberikan redaman lembut, tetapi juga daya rebound yang sempurna sehingga memproteksi Anda pada saat berkendara, baik pada jarak dekat maupun jarak yang cukup jauh. Selain itu YSS RC-Series juga memiliki settingan perubahan…