Langsung ke konten utama

Tahukah kalian fungsi lubrikasi pada bearing itu apa saja?




bearing adalah sebuah elemen mesin yang berfungsi untuk membatasi gerak relatif antara dua atau lebih dari komponen mesin, yang selalu bergerak pada arah yang diinginkan. Bearing menjadi komponen penting pada berbagai desain mesin yang melibatkan poros (shaft) dengan casing atau bagian yang diam, seperti motor listrik, motor bakar, pompa, dan roda. Bearing menjadi titik pertemuan antara bagian mesin yang berputar dengan bagian yang diam. Berguna untuk mentransmisikan beban yang ada pada poros untuk diteruskan ke sisi casing, atau bisa juga sebaliknya. fungsinya yang krusial, bearing membutuhkan perawatan yang baik sehingga mendapatkan umur kerja yang panjang. Salah satu bentuk perawatan bearing yang utama adalah lubrikasi atau pelumasan.

Halo riders, ada yang tahu tidak fungsi lubrikasi bearing apa?

fungsi lubrikasi bearing, yaitu :
  1. Membentuk lapisan film lubrikasi menjadi dua bidang kontak sehingga dapat membantu menahan beban kerja serta mencegah keausan dan kerusakan prematur.
  2. Menyerap panas yang timbul.
  3. Mencegah kontaminasi kotoran-kotoran yang berasal dari luar.
  4. Menghindari suara bising.
  5. Mencegah korosi pada bearing.
  6. Sebagai sistem sealing tambahan.
Meski kecil, fungsinya sangat penting. Jadi komponen ini lebih utama pada sepeda motor yang bisa menyebabkan kerusakan lubrikasi pada bearing roda. Jika diabaikan, besi bulat kecil ini tidak befungsi semaksimal mungkin. Maka, harus diperhatikan dan dirawat baik-baik. Karena jika berkarat maka lubrikasi pada bearing lebih cepat rusak.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ukuran Shock Belakang Motor Matic

Halo Biker.. Menanggapi banyaknya pertanyaan mengenai persamaan shock Belakang motor Matic, Kami akan memberikan sedikit info pada artikel ini.

Shock Belakang Matic terdapat 2 ukuran, yaitu 300mm/305mm dan 325mm/330mm.

Berikut daftar motor matic yang menggunakan shock belakang ukuran 300mm/305mm:
1. Mio Sporty / Mio Soul
2. Mio J / Soul Gt / Mio Gt
3. Xeon / Xeon Gt 125
4. Beat Karbu / Vario karbu / Scoopy karbu
5. Spacy Karbu / Vario 110 injeksi

Untuk motor matic yang menggunakan Shock Belakang ukuran 325mm/330mm yaitu :
1. Vario 125 / vario 150
2. Beat Injeksi / Scoopy Injeksi
3. X Ride

Motor matic yang mempunyai Shock belakang standar 300mm juga dapat menggunakan shock belakang ukuran 330mm, hanya akan menjadi lebih tinggi, demikian juga sebaliknya.

Sekian dari artikel pendek ini semoga bermanfaat.


Salam Riders,
Tim SRM
www.sumberrejekimotor.com
P : 0561 740443, 081314240777, 081231002111

Perbedaan Ban Soft Compound dan Hard Compound

Halo bikers kali ini kami akan memberikan artikel tentang ban luar aspal. Oke langsung saja tanpa basa basi 😁..

Secara umum ban luar aspal terbagi dalam 2 tipe yaitu :1. Soft Compound.2. Hard Compound. 

Soft Compound artinya bahan ban lebih lembut dan lebih gigit di aspal sehingga lebih aman untuk tikungan. Ban soft sebenarnya dirancang untuk pemakaian balap, tetapi banyak juga yg memakainya untuk harian. Kelemahannya jika dipakai untuk harian lebih cepat aus bunganya dan harga nya lebih mahal dibanding ban hard compound. Contoh ban soft Compound adalah  FDR MP dan IRC FASTI.

kebalikannya jika ban Hard Compound lebih licin di aspal karena memang dirancang utk pemakaian harian dengan daya tahan yg lebih lama dan harga yg lebih murah.

Untuk bikers yg ingin bertanya lbh lanjut soal harga dan ukuran ban dapat menghubungi :
HP1 : 081314240777HP2 : 081231002111BBM1 : D20D5B9CBBM2 : 5D74B88DTelp. : (0561) 740443Line : @sumberrejekimotorInstagram : @sumberrejekimotorWebsite : www.sumberrejekimoto…

Shock Belakang YSS RC 340mm Red/Silver

Shock YSS Tabung Atas 340mm RC Series Merah/Siver, untuk motor bebek yang menggunakan Double Suspension, dalam dunia otomotif diperlukan bukan hanya suspensi yang dapat meredam benturan, tetapi juga diperlukan shock yang dapat menjaga keamanan ban agar tetap menapak pada jalan. Oleh karena itu diperlukan suspensi yang memiliki ketahanan dan ketangguhan pada penggunaannya.
YSS menghadirkan varian suspensi dengan tabung terpisah khusus untuk motor bebek dengan tipe Double Shock RC-Series. Suspensi ini telah menggunakan teknologi terbaru dalam pembuatannya yang memerlukan kepresisian tinggi, tabung gas yang berisi nitrogen (menggunakan sistem Bladder/Balon karet yang berfungsi untuk memaksimalkan kinerja tekanan balik gas nitrogen) hasilnya, suspensi ini bukan hanya memberikan redaman lembut, tetapi juga daya rebound yang sempurna sehingga memproteksi Anda pada saat berkendara, baik pada jarak dekat maupun jarak yang cukup jauh. Selain itu YSS RC-Series juga memiliki settingan perubahan…