Langsung ke konten utama

Info-Info Tentang Mengenai Busi Motor





Komponen paling penting pada sistem pengapian adalah busi. Busi adalah sebuah komponen yang memiliki mesin pengapian, berfungsi untuk mengkonversi energi listrik bertegangan tinggi dari ignition koil menjadi percikan api. Percikan api yang terdapat pada busi, diperoleh dari tegangan tinggi koil. artinya busi hanya meneruskan arus listrik dari output sekunder koil. Sehingga busi tidak secara langsung menghasilkan api.


Nah ada sedikit info nih mengenai macam-macam busi :

A. Macam-macam Busi berdasarkan Performa

1.   Busi Standar (Cooper)

Jenis busi cooper atau tembaga adalah busi yang paling umum ditemui. Busi ini memiliki elektroda berbahan tembaga yang memiliki diameter kurang lebih 2,5 mm. Busi standar ini cocok untuk penggunaan standar.



2.    Busi Resistor
Busi resistor pada dasarnya sama dengan busi standar. karna, banyak pabrikan yang menggunakan sebagai busi bawaan. Perbedaan busi ini memiliki resistor atau tahanan yang ditandai dengan kode "R" pada busi NGK atau kode "U" pada busi Denso. Kode ini menunjukan bahwa busi ini sudah dilengkapi Resistor. Fungsinya untuk mencegah aliran listrik secara berlebihan saat pengapian.



3.  Busi Platinum

Busi platinum, secara fisik akan menyerupai busi standar. Maka, ada perbedaan pada elektroda yang dipakai. Busi platinum menggunakan elektroda berbahan platinum, tujuannya untuk memperpanjang umur pemakaian busi.



4.  Busi Iridium

Busi iridium, juga memiliki bentuk fisik yang hampir sama dengan jenis busi lain. Namun, perbedaan terletak pada elektroda busi. Elektroda pada busi iridium berbahan logam campuran yang mengandung iridium dan dilapisi nikel pada ujung elektroda. Selain dapat bertahan dalam pemakaian lama, busi ini dipercaya dapat menghasilkan performa mesin maksimal.



5.  Busi Racing

Busi tipe ini dirancang khusus untuk menghasilkan performa yang maksimal tanpa menimbulkan panas yang berlebih. Elektroda pada busi racing dibuat dari perpaduan beberapa logam dengan ujung meruncing. Sehingga menghasilkan daya hantar listrik yang kuat dengan ketahanan yang kuat pula.




B.  Macam-macam Busi berdasarkan Heat Resistance



1.  Busi Panas (Hot Type Spark Plug)

Busi panas adalah busi yang memiliki kemampuan menyerap dan melepas panas sangat lambat. Jenis busi panas ini digunakan untuk mesin yang temperatur kerja di dalam ruang bakarnya rendah. busi panas ini dengan insulator yang lebih panjang dan dapat menyimpan panas dalam waktu lebih lama. Busi panas memiliki daya hantar panas yang lebih kecil dibandingkan busi dingin. Sehingga suhu busi relatif lebih panas saat bekerja. Tujuanya, agar proses pembakaran mesin terjaga. Busi panas akan menjaga suhu kerja mesin supaya tetap ideal, sehingga pembakaran pada mesin bisa lebih maksimal. Dalam busi ini, memiliki isolator berupa keramik yang lebih banyak. Sehingga panas dari elektroda tidak langsung diteruskan ke blok mesin.



2.  Busi Dingin (Cold Type Spark Plug)
 Busi dingin adalah busi yang memiliki kemampuan untuk menyerap dan melepas panas dengan cepat. Busi dingin ini biasanya dipakai pada mesin yang temperatur kerja di dalam ruang bakarnya tinggi. Busi dingin punya ujung insulator lebih pendek sehingga lebih cepat membuang panas. Busi dingin memiliki jumlah isolator keramik yang lebih sedikit, sehingga panas didalam busi dapat tersalurkan ke blok mesin. Busi dingin sering disebut busi racing, karena kemampuanya bertahan dalam kinerja ekstrem. Disaat mesin bekerja cukup ekstrem, busi ini akan mentransfer panas mesin keluar melalui elektroda. Sehingga over heating dapat dihindari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ukuran Shock Belakang Motor Matic

Halo Biker.. Menanggapi banyaknya pertanyaan mengenai persamaan shock Belakang motor Matic, Kami akan memberikan sedikit info pada artikel ini.

Shock Belakang Matic terdapat 2 ukuran, yaitu 300mm/305mm dan 325mm/330mm.

Berikut daftar motor matic yang menggunakan shock belakang ukuran 300mm/305mm:
1. Mio Sporty / Mio Soul
2. Mio J / Soul Gt / Mio Gt
3. Xeon / Xeon Gt 125
4. Beat Karbu / Vario karbu / Scoopy karbu
5. Spacy Karbu / Vario 110 injeksi

Untuk motor matic yang menggunakan Shock Belakang ukuran 325mm/330mm yaitu :
1. Vario 125 / vario 150
2. Beat Injeksi / Scoopy Injeksi
3. X Ride

Motor matic yang mempunyai Shock belakang standar 300mm juga dapat menggunakan shock belakang ukuran 330mm, hanya akan menjadi lebih tinggi, demikian juga sebaliknya.

Sekian dari artikel pendek ini semoga bermanfaat.


Salam Riders,
Tim SRM
www.sumberrejekimotor.com
P : 0561 740443, 081314240777, 081231002111

Perbedaan Ban Soft Compound dan Hard Compound

Halo bikers kali ini kami akan memberikan artikel tentang ban luar aspal. Oke langsung saja tanpa basa basi 😁..

Secara umum ban luar aspal terbagi dalam 2 tipe yaitu :1. Soft Compound.2. Hard Compound. 

Soft Compound artinya bahan ban lebih lembut dan lebih gigit di aspal sehingga lebih aman untuk tikungan. Ban soft sebenarnya dirancang untuk pemakaian balap, tetapi banyak juga yg memakainya untuk harian. Kelemahannya jika dipakai untuk harian lebih cepat aus bunganya dan harga nya lebih mahal dibanding ban hard compound. Contoh ban soft Compound adalah  FDR MP dan IRC FASTI.

kebalikannya jika ban Hard Compound lebih licin di aspal karena memang dirancang utk pemakaian harian dengan daya tahan yg lebih lama dan harga yg lebih murah.

Untuk bikers yg ingin bertanya lbh lanjut soal harga dan ukuran ban dapat menghubungi :
HP1 : 081314240777HP2 : 081231002111BBM1 : D20D5B9CBBM2 : 5D74B88DTelp. : (0561) 740443Line : @sumberrejekimotorInstagram : @sumberrejekimotorWebsite : www.sumberrejekimoto…

Shock Belakang YSS RC 340mm Red/Silver

Shock YSS Tabung Atas 340mm RC Series Merah/Siver, untuk motor bebek yang menggunakan Double Suspension, dalam dunia otomotif diperlukan bukan hanya suspensi yang dapat meredam benturan, tetapi juga diperlukan shock yang dapat menjaga keamanan ban agar tetap menapak pada jalan. Oleh karena itu diperlukan suspensi yang memiliki ketahanan dan ketangguhan pada penggunaannya.
YSS menghadirkan varian suspensi dengan tabung terpisah khusus untuk motor bebek dengan tipe Double Shock RC-Series. Suspensi ini telah menggunakan teknologi terbaru dalam pembuatannya yang memerlukan kepresisian tinggi, tabung gas yang berisi nitrogen (menggunakan sistem Bladder/Balon karet yang berfungsi untuk memaksimalkan kinerja tekanan balik gas nitrogen) hasilnya, suspensi ini bukan hanya memberikan redaman lembut, tetapi juga daya rebound yang sempurna sehingga memproteksi Anda pada saat berkendara, baik pada jarak dekat maupun jarak yang cukup jauh. Selain itu YSS RC-Series juga memiliki settingan perubahan…